Tuesday, November 10, 2015

Karir Mandeg? Kembangkan Potensi Diri





Apakah anda merasa mengalami stagnant atau mandeg dalam karir? Anda merasa kemampuan anda tidak berkembang dan begitu-begitu aja? Kalau ya, jangan pasrah aja dong. Lakukan perubahan untuk mengembangkan kemampuan diri dan karir anda. Karena bagaimanapun 'smart' nya anda, jika anda tidak pernah berusaha mengembangkannya, anda akan tertinggal dan akhirnya otak anda akan mandeg.

So, tidak bisa tidak, jika anda ingin mengembangan diri, anda harus membangun semangat baru dengan memanfaatkan seluruh waktu dalam hidup anda. Berikut ini adalah sejumlah strategi untuk mengembangkan potensi diri anda:

- Carilah informasi sebanyak-banyaknya. Betapapun sempitnya waktu anda, sempatkanlah untuk membaca. Daripada membuang-buang waktu dengan berkhayal dan melamun, lebih baik anda menambah pengetahuan dengan membaca. Anda juga bisa menyerap informasi dari semua media komunikasi seperti internet, televisi, dan radio. Dengan demikian, secara otomatis anda akan memiliki bobot pengetahuan yang lebih luas. Yakin deh, tanpa membaca, kecerdasan anda nggak akan bertambah!

- Buatlah suatu rencana untuk mengembangkan karir anda. Caranya, cobalah cermati situasi dan kondisi di tempat anda bekerja. Perhatikan hal-hal apa yang membuat seseorang dianggap berhasil, dan hal apa yang membuat seseorang gagal. Kemudian buatlah langkah untuk menjadi orang yang berhasil.

- Catatlah pengetahuan dan ketrampilan yang belum anda kuasai. Lalu buatlah perencanaan agar anda menguasai hal itu. Anda bisa mengikuti kursus, seminar, diskusi ilmiah, dan lain-lain. Banyak jalan untuk menjadi orang yang berhasil bukan?

- Bersainglah secara sehat dengan rekan kerja-rekan kerja anda. Dan cobalah untuk selalu berpikir positif terhadap keberhasilan orang lain. Jadikan keberhasilan orang lain sebagai cambuk untuk lebih sukses.

- Bergaullah dengan rekan-rekan yang berwawasan luas dan berpengalaman. Sehingga anda bisa menanyakan banyak hal pada mereka. Ingat, bergaul dengan orang-orang yang maju akan melecut anda mencapai kemajuan juga.

Nah, nggak sulitkan mengembangkan diri anda? Toh, memang banyak jalan untuk menjadi orang yang berhasil! Hal-hal di atas hanyalah sebagian kecil cara untuk mengembangkan karir dan potensi anda. Selebihnya anda dapat menggunakan nalar, perasaan, dan pikiran anda untuk menjadi manusia yang lebih unggul..!

No comments:

Post a Comment