Tuesday, November 10, 2015

Buang Rasa Iri Dalam Hidup Anda!



Iri terhadap keberhasilan orang lain rasanya wajar saja sepanjang itu dapat melecut semangat untuk lebih maju. Tetapi kalau rasa iri itu membuat anda 'terpuruk', menyesali diri dan 'hopeless', itu yang berbahaya. Memang nggak bisa dipungkiri, ada sebagian orang yang selalu merasa iri terhadap kesuksesan orang lain. Biasanya anda yang bertipe seperti ini akan memandang negatif terhadap keberhasilan orang lain.

Misalnya jika teman anda naik jabatan katakanlah sebagai manajer, anda lantas curiga terhadap keberhasilannya. Anda merasa keberhasilan teman anda dikarenakan kedekatannya dengan bos. Anda juga merasa tersaingi, sedih dan tertinggal. Anda lantas membandingkan diri dengannya hingga tercetus anggapan, "Saya juga pintar dan mampu untuk jabatan itu tapi kenapa bukan saya yang terpilih...?"

Padahal, sibuk membandingkan diri dengan teman atau siapapun hanyalah tindakan yang sangat sia-sia dan membuang-buang waktu anda. Dan pikiran semacam ini hanya membuat anda kurang mensyukuri nikmat ataupun keberhasilan yang telah anda peroleh. Sebaliknya kalau anda mau berlapang dada, anda akan menyadari bahwa masih banyak kelebihan yang ada pada diri anda. Dan anda dapat mensyukuri kelebihan yang ada pada diri anda, walau sekecil apapun.

Sebelum anda terpuruk pada rasa iri yang berlebihan, cuci bersih pikiran anda. Anggaplah bahwa keberhasilan rekan anda adalah keberhasilan anda juga. Bukankah anda dan rekan kerja berada dalam satu tim di dalam satu perusahaan? Jadi tidak ada alasan untuk bersedih hati ataupun iri terhadap keberhasilan orang lain.

Tahap berikutnya, cobalah introspeksi diri, lihat nilai plus anda. Jika merasa masih kurang, galilah potensi diri anda lebih dalam lagi. Anda bisa mengikuti kursus, pelatihan, ataupun cara lainnya. Tindakan ini jauh lebih bermanfaat ketimbang membandingkan diri anda dengan orang lain dan sibuk menyesali diri. Bukankah ini lebih menyehatkan mental anda?

Kalau anda mau berpikir positif, tulus, dan tetap semangat dalam bekerja, bukan tidak mungkin anda akan melebihi keberhasilan rekan anda. Dengan demikian anda pun sudah menciptakan persaingan yang lebih fair dan sehat. Tetapi tentu saja, keberhasilan yang anda raih jangan sampai membuat anda sombong dan 'lupa diri'. So nggak ada lagi kata 'iri' dalam kamus hidup anda..!

No comments:

Post a Comment