Tuesday, November 10, 2015

Hal Penting Setelah Diterima Kerja





Siapa sih yang nggak senang diterima bekerja di suatu perusahaan? Setelah mencari dan lelah melamar kerja kesana kemari, mendengar pernyataan “Anda diterima!”, wah rasanya seperti berada di langit ketujuh. Pokoknya seneng banget deh. Eh tapi jangan asal seneng aja loh. Setelah dinyatakan diterima, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan tanyakan. Coba deh simak dibawah ini:

- Nama atau jabatan dan divisi tempat anda bekerja
Ini penting untuk memperjelas identitas anda di perusahaan tersebut. Sehingga anda tidak seperti anak bawang yang tidak jelas apa tugas dan jabatannya. Lagipula mengetahui jabatan dan divisi, juga untuk memperjelas job description anda. Sehingga anda nggak perlu kebingungan apa yang akan anda kerjakan setiap hari.

-Tanggal mulai bekerja
Begitu anda dinyatakan diterima, segera tanyakan kapan anda bisa segera mulai bekerja. Jangan sampai anda panik, diterima tetapi tidak jelas kapan mulai bekerja. Karena ada juga perusahaan yang telah menerima seorang karyawan baru, tetapi karyawan tersebut baru bisa masuk tiga bulan kemudian.

- Gaji bersih
Ini juga nggak kalah penting. Bagaimana anda bisa bekerja dengan tenang jika anda nggak tau persis berapa penghasilan anda di perusahaan tersebut dalam perbulannya. Kalau pihak perusahaan tidak menginformasikan jumlah nominal gaji, jangan ragu untuk menanyakannya. Nggak perlu malu, karena ini adalah salah satu hak karyawan.

- Jam kerja
Tanyakan dengan pasti jam berapa karyawan biasa mulai bekerja dan sampai pukul berapa jam kerja berakhir. Karena tiap perusahaan memiliki kebijaksanaan jam kerja yang berbeda. Jangan sampai anda memberlakukan sama jam kerja di perusahaan baru dengan di tempat kerja anda yang lama.

- Masa percobaan
Umumnya, untuk karyawan baru perusahaan memberlakukan masa percobaan. Tanyakan berapa lama masa percobaan tersebut, apakah tiga bulan, enam bulan atau setahun? Dan tanyakan juga jika masa percobaan selesai, apakah anda langsung diangkat jadi karyawan tetap atau kontrak? Ingat, banyak perusahaan yang menetapkan sistem pengangkatan karyawan dengan cara yang berbelit. Agar anda nggak bingung, dapatkan informasi ini dengan jelas.

Jika anda telah mengetahui semua yang berhubungan dengan pekerjaan baru anda, berikut segala macam peraturan di perusahaan, anda dapat bekerja dengan lebih enjoy tanpa perlu merasa gelisah karena dihinggapi pertanyaan-pertanyaan yang belum ketauan jawabannya.
Satu lagi yang penting, sebagai karyawan baru pandai-pandailah membawa diri. Bekerja dengan penuh tanggung jawab dan membangun hubungan sosial dengan rekan sekerja adalah hal mutlak yang harus anda lakukan sebagai pendatang baru.

No comments:

Post a Comment